Assalamu'alaikum Wr Wb. Blog titik yo sekedar untuk saling kinget menginget magea ite kute ne. Mudah-mudahan untuk maso teko umat Islam khusus ne neak taneak Jang,umum ne seluruh Indonesia serto sluruh denio ade kesadaran neak lem agamo sehinggo tun te Jang ijai contoh kunei sukau-sukau de luyen...Do o harapan te bersamo. Smugo tulisan-tulisan siket yo bermanfaat magea ite kute ne...Amiiin.

Rabu, 29 Februari 2012

Imperium Mencengangkan

Sebagaimana dapat kita pahami,dalam Al-quran Allah menganjurkan mempelajari semua cabang ilmu pengetahuan kepada kaum muslimin. Karenanya dalam sejarah,perkembangan islam pada saat bersamaan mendorong berkembangya ilmu pengetahuan. Ketika nabi Muhammad saw mulai mendakwahkan islam,kaum arab adalah sebuah masyarakat jahiliah dan kabilah-kabilah penganut tahayul. Namun,berkat cahaya Al-quran mereka akhirnya terbebaskan dari tahayul dan mulai menggunakan akalnya. Akibatnya,salah satu perkembangan yang paling mencengangkan dalam sejarah duniapun terjadi dan dalam beberapa puluh tahun saja,islam yang muncul dari kota kecil Madinah tersebar dari Afrika hingga Asia tengah. Masyarakat arab yang dulunya tak mampu mengurus satu kotapun dengan rukun,menjadi penguasa imperium dunia. Dalam bukunya ' the staight path,1998 halaman 33 'Pakar islam asal Amerika Prof john Esposito menjelaskan sisi menakjubkan kemunculan islam sebagaimana berikut ' Yang paling mencengangkan tentang perluasan islam di masa awal adalah kecepatan dan keberhasilannya. Para pakar barat merasa takjub akan hal ini..Dalam sepuluh tahun,pasukan arab mengalahkan angkatan perang Bizantium dan Persia dan menguasai Irak,Suriah,Palestina dan Mesir. Muslim tampil sebagai penakluk yang sulit terkalahkan dan penguasa yang berhasil,menciptakan kerukunan, PEMBANGUN DAN BUKAN PERUSAK.

Ketika beragam bangsa di dunia termasuk Turki menerima islam atas kehendak mereka sendiri,imperium islam tumbuh semakin besar dan menjadi kekuatan terbesar di dunia pada masanya, menciptakan perdamaian dan bukan menumbuhkan permusuhan. Salah satu sisi penting imperium ini adalah memunculkan tahapan perkembangan bagi ilmu pengetahuan yang tak tertandingi sebelumnya dalam sejarah. Di masa ketika Eropa tengah mengalami era kegelapan,dunia islam telah membangun warisan terbesar ilmu pengetahuan yang pernah di saksikan sejarah. Ilmu kedokteran,matematika,geometri,astronomi dan bahkan sosiologi di kembangkan secara sistematis untuk kali pertama. Sejumlah pengulas berusaha mengait perkembangan ilmu pengetahuan islam ini dengan pengaruh yunani kuno, namun sumber sesungguhnya ilmu pengetahuan islam adalah penelitian dan pengamatan para ilmuan muslim.
Dalam bukunya ' The Middle East ' Hal 266. Prof Rernard Lewis, pakar sejarah timur tengah menjalaskan sebagaimana berikut ' Pencapaian ilmu pengetahuan Islam abad pertengahan tidaklah terbatas pada pelestarian warisan keilmuan Yunani,bukan pula penggabungan unsur-unsur warisan budaya Timur yang lebih tua dan lebih jauh kepada bangunan. Warisan ini,yang di limpahkan ilmuan islam pada abad pertengahan kepada dunia modern sungguh sangat di perkaya dan sumbangsih mereka sendiri. Ilmu pengetahuan Yunani,secara keseluruhan cenderung bersifat teoritis. Ilmu pengetahuan timur tengah abad pertengahan lebih bersifat praktis,dan dalam bidang-bidang seperti kedokteran,kimia,astronomi,geografi,dan agronomi. Warisan masa lalu tersebut di perjelas dan di perkaya dengan penelitian dan pengamatan para ilmuan Timur Tengah abad pertengahan'
Dalam Al-qur'an Allah berfirman 'Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin. Dan juga pada dirimu sendiri,maka apakah kamu tidak memperhatikan ? QS. az-zariyat 20-21.
Kesemua ini menunjukkan cahaya Al-qur'an, dan anjuran memahami dan meneliti ciptaan Allah swt. Semoga bermanfaat..

H Anton-Topos

0 komentar:

Posting Komentar