Assalamu'alaikum Wr Wb. Blog titik yo sekedar untuk saling kinget menginget magea ite kute ne. Mudah-mudahan untuk maso teko umat Islam khusus ne neak taneak Jang,umum ne seluruh Indonesia serto sluruh denio ade kesadaran neak lem agamo sehinggo tun te Jang ijai contoh kunei sukau-sukau de luyen...Do o harapan te bersamo. Smugo tulisan-tulisan siket yo bermanfaat magea ite kute ne...Amiiin.

Rabu, 29 Februari 2012

Tafakkur Di Galaksi Luhur

Ruang angkasa,sebuah tatanan berbeda dengan kehidupan yang biasa kita temui. Seringkali 560 juta kilometer di atas tempat kita berada,
terdapat badai radiasi yang bergerak dengan kecepatan 100 ribu Kilometer per jam yang di sebabkan oleh ledakan pada matahari. Di ruang angkasa suhunya dingin membeku dan mencapai minus 273 derajat .Suhu luar biasa di dalam bintang-bintang mencapai jutaan derajat, sementara meteor-meteor raksasa melintas dengan kecepatan tinggi di kehampaan angkasa. Sekarang,bayangkan kedudukan kita di ruang angkasa yang tak bertepi ini. Untuk memahaminya,mari kita bandingkan gambaran tentang jarak di bumi dengan jarak di alam semesta. Di ruang angkasa,jarak antar bintang terdekat adalah 30 triliun kilometer. Dari semua bintang gemerlapan di langit yang terdekat dengan kita,jauhnya 500 triliun kilometer kini marilah kita lihat letak diri kita dalam galaksi kita, ada sekitar 250 miliar bintang dalam galaksi bimasakti ..matahari kita hanyalah salah satunya. Pelanet-pelanet yang mengitari matahari dalam keselarasan tinggi ,seluluruh sistem ini seperti yang kita kenal di sebut tata surya. Di dalam tata surya seluas 12 miliar kilometer persegi ini,bumi kita menempati satu ruangan teramat kecil,jika saja kita bayangkan bumi sebesar klereng...maka matahari bagaikan bola kaki yang berjarak 280 meter dari klereng tersebut. Walaupun berukuran raksasa, galaksi bimasakti hanya menempati ruang kecil di antara sekitar 300 miliar galaksi di angkasa. Pergerakan terus menerus di angkasa,sungguh lebih menarik lagi..Bumi berputar pada sumbunya berkecepatan 1670 kilometer per jam,pada saat yang sama bumi mengitari matahari yg berukuran 103 kali lebih besar. Bumi mengitari matahari dengan kecepatan 108 000 km per jam,ini sekitar 60 kali lipat kecepatan peluru senapan. Di saat yg sama bumi dan matahari bergerak ke arah bintang vega,pada kecepatan 200 km per detik kecepatan luar biasa ini setara dengan 720 000 km per jam. Dan galaksi kita pun bergerak saling menjauh antara yang satu dengan yang lain..Berkat keseimbangan sempurna yang di ciptakan oleh Allah swt,kita sama sekali tidak merasakan pergerakan ini. Pernahkah kita bertanya,siapa pemelihara kehidupan manusia dengan keseimbangan alam yang luar biasa di tatanan jagat raya ini?? Maka pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berpikir..Hanya Allah swt yang maha kuasa atas segala sesuatu. " Semoga bermanfaat . . ."

H Anton-Topos

0 komentar:

Posting Komentar